YouTube dan Bisnis

Ketika Anda menyebut YouTube, kebanyakan orang akan membayangkan seekor kucing bermain piano. Tetapi di antara jenis pengusaha kecil tertentu, nama itu membangkitkan citra lain dari tanda dolar.

Pengusaha itu sering terdengar seperti pemuja yang dicuci otak dalam arti yang baik. Misalnya, Scott Imbrie, pemilik Original YouTube Skateboards, sebuah merek yang sebagian besar dibangun di atas kehadiran YouTube, mengatakan bahwa platform tersebut lebih baik bagi pemasar daripada Facebook.

Peneliti YouTube lainnya adalah Jeffrey Harmon, kepala pemasaran Orabrush, merek perawatan mulut yang berbasis di Provo, Utah yang baru-baru ini menayangkan serangkaian video YouTube yang menjadi viral melalui kesepakatan distribusi nasional Walmart.

Skateboard Asli, yang bergabung dengan YouTube pada tahun 2005, dan Orabrush, yang meluncurkan video YouTube pertama mereka pada tahun 2009, jelas berada di depan, tetapi YouTube masih merupakan tempat yang bagus untuk meluncurkan atau mengembangkan merek.

Berikut adalah kiat dari pengusaha yang berkembang pesat di YouTube, serta kiat dari manajer produk YouTube Lane Shackleton (misalnya, kerabat jauh penjelajah Arktik Ernest Shackleton).
Beli Iklan

Video Anda tidak akan menjadi viral dengan sendirinya (atau tidak sama sekali), jadi Anda harus mempertimbangkan untuk membeli iklan di YouTube.

Untungnya, tarifnya cukup bagus dibandingkan dengan AdWords. Harmon mengatakan iklan pencarian di YouTube saat ini dijual seharga 50 sen per klik. $1,50 per klik AdWords, jadi Anda tidak perlu menginvestasikan banyak uang.

Pada hari-hari awal Orabrush, perusahaan menghabiskan $30 sehari untuk iklan pencarian YouTube. Orabrush menghasilkan lebih banyak uang pada saat itu, tetapi Harmon mengatakan itu masih dapat dilakukan dengan cukup baik hari ini dengan membeli “video promosi”, iklan yang muncul ketika Anda melakukan pencarian di YouTube.

Namun, berapa pun biaya yang Anda keluarkan untuk iklan, pastikan konten Anda relevan dengan istilah penelusuran Anda. Google menentukan posisi iklan berdasarkan relevansinya.

Jangan berharap video Anda menjadi viral

Apakah Anda siap menjadi Orabrush berikutnya? Mungkin sudah waktunya untuk mengatur ulang harapan Anda. Harmon menunjukkan bahwa setiap menit, 48 jam video dimuat ke YouTube, jadi memainkan Powerball lebih baik daripada menunggu klip dimulai.

“Siapa pun yang mengira YouTube akan membuat video menjadi gila, sedang bermimpi,” kata Harmon. “Pikirkan pukulan dasar, bukan home run.” Jumlah mentah tidak sepenting menjangkau pelanggan yang tepat, jadi jangan panik jika Anda tidak mencapai satu juta tampilan.

Gunakan komentar, hotspot, dan pengujian A/B sebagai grup fokus

Jika Anda menyewa biro iklan Madison Avenue untuk menjalankan iklan TV, Anda ingin mereka diuji oleh kelompok fokus.

Tetapi jika Anda adalah pengiklan DIY kecil, tebakan terbaik Anda untuk grup fokus, tidak termasuk istri dan teman Rotary club Anda, ada di komentar di bawah video. Tentu saja, banyak yang akan blak-blakan atau bernafsu, tetapi beberapa mungkin berwawasan luas.

YouTube juga memiliki beberapa alat lain untuk membantu Anda mengukur bagaimana video Anda diterima. Salah satunya adalah hotspot, sebuah teknologi yang dapat menentukan apakah orang sedang menonton video atau tidak.

Pilihan lainnya adalah pengujian A/B. Perusahaan periklanan besar juga melakukan hal ini, tetapi Anda dapat melakukannya dalam skala yang lebih kecil dengan menjalankan dua versi klip yang berbeda dengan video tidak terdaftar yang didukung oleh iklan penelusuran dan kemudian melihat mana yang mendapat respons lebih baik. Kemudian pilih pemenang.

Terakhir, setidaknya Anda memiliki Google Analytics, yang memberi tahu Anda berapa banyak lalu lintas rujukan yang Anda dapatkan dari YouTube.

Shackleton mengatakan bahwa, rata-rata, orang yang mengunjungi situs Anda di YouTube menghabiskan lebih banyak waktu di sana daripada saat mereka mengunjungi tempat lain.

Banyak nonton youtube

Jika Anda serius menggunakan YouTube sebagai platform pemasaran, lakukan riset. Lupakan menonton iklan TV dan menghabiskan berjam-jam mencari tren di YouTube. Harmon mengatakan dia dan stafnya melakukan itu selama beberapa jam setiap hari. Harmon mengatakan tujuannya adalah untuk mulai “mengenali ide-ide bagus.”

Pelacakan ROI

Jika Anda menghabiskan uang untuk iklan YouTube, Anda mungkin ingin tahu apa yang harus ditampilkan di iklan Anda. Fakta bahwa orang-orang mengeklik iklan Anda bagus, tetapi kebaruan akan cepat habis jika Anda tidak benar-benar membeli apa pun.

Sekarang sampai pada bagian yang mengejutkan. Bahkan mengingat bahwa Google memiliki YouTube dan pemasaran di YouTube menurut definisi digital dan mutakhir di abad ke-21, itu masih harus bergantung pada format pelacakan ROI analog on-the-fly.

“Tentu saja kami menghitung jumlah penayangan. Saat terakhir kali kami menambahkan video ke saluran YouTube kami, total video kami mendekati satu juta, kami melacak lalu lintas dari video ke situs kami, tetapi hanya data keras,” kata California Ed., presiden Ceilume, sebuah perusahaan yang membuat ubin langit-langit yang berbasis di Graton, Negara Bagian. kata Davis. “Kami juga sangat bergantung pada apa yang didengar perwakilan layanan pelanggan kami di telepon setiap hari, dan apa yang ditonton pelanggan kami dan bagaimana video membantu.”

Temukan ceruk

Jika Anda telah mengikuti langkah 4 dan menonton banyak program YouTube, Anda harus memahami apa yang terbang dan tidak terbang di YouTube. Tebak apa? Tidak ada yang ingin melihat iklan kecuali itu adalah iklan yang benar-benar bagus. Namun, alih-alih mencoba memecahkan kode untuk iklan mencolok (sesuatu yang biasanya tidak dilakukan industri periklanan secara teratur), Shackleton menyarankan untuk memposisikan dirinya sebagai ahli di bidangnya (seperti yang dilakukan Ceilume) atau mengaitkan merek dengan gaya hidup. (pendekatan skateboard asli).

“Pilih bagian yang menarik dari merek Anda dan fokuslah padanya,” kata Shackleton

Tetapi bagaimana jika Anda menjual sesuatu yang sangat membosankan seperti perlengkapan pipa? Kemungkinan ini menarik bagi siapa saja, mungkin seseorang yang sangat membutuhkan untuk memperbaiki toilet. Masuk ke kepala mereka dan buat video yang membahas kemungkinan kekhawatiran mereka. Apa pun yang Anda lakukan, jangan berpikir seperti pengiklan biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button